Minggu, 06 Juli 2014

Tugas jenis-jenis permaianan untuk anak SD



TUGAS
PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN ANAK
“Jenis-Jenis Permainan untuk Anak SD”
Dosen Pengampu : Fatkhul Imran


Disusun Oleh :
Nama : Meilana Hariyati
Nim   : A510120143
Kelas : PGSD VI G

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2014/2015




Jenis-Jenis Permainan untuk Anak SD
       
        Masa paling menyenangkan di kehidupan manusia adalah masa anak-anak. Diakui atau tidak masa ketika menjadi seorang anak yang dipikirkan hanyalah bermain. Hal ini dapat kita manfaatkan dalam metode pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak didik khususnya anak usia SD.
            Jenis-jenis permainan yang sering dilakukan anak usia SD diantaranya:
1.      Permainan Gobak Sodor
Dalam permainan gobak sodor ini melakukan lari cepat kemudian berhenti secara berulang-ulang, tanpa disengaja anak-anak sudah berlatih secara interval yang tentu saja dapat meningkatkan kualitas daya tahan tubuh mereka.
2.      Permainan Menjala Ikan
Dalam permainan ini satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang anak yang bertugas sebagai jala, dan sisanya sebagai ikan. Ikan dianggap terjala bila dapat dilingkari oleh jala dengan saling berpegang tangan. Permainan ini dapat dimainkan oleh anak kelas I sampai kelas VI, bagi anak kelas rendah permainan ini dapat menampakkan latihan daya tahan dan kelincahan, sedangkan untuk kelas tinggi merupakan latihan pemanasan.
3.      Permainan Engklek
Permainan ini biasanya didominasi oleh anak perempuan, namun tidak jarang pula anak laki-laki ikut andil dalam permainan ini, bentuk engklek ini sangat beragam mulai dari gambar baju, pesawat terbang, almari, dll.
4.      Permainan Petak Umpet
Permainan ini memerlukan banyak pemain biar tambah seru dan tambah ramai. Pertama sekumpulan anak mengundi dengan hompimpa (seluruh telapak tangan anak-anak disatukan menjadi satu tumpikan, kemudian seluruh anak serentak menyebutkan kalimat “hompimpa alaium gambreng”), seteresnya samapai tinggal 2 pasang anak, kemudian mencari siapa yang paling terakhir kalah pada sesi suit, dan yang kalah harus siap tutup muka untuk mencari teman-temanya yang bersembunyi.
5.      Permainan Lompat Tali
Permainan ini sudah tidak asing lagi tentunya, karena hampir dimana-dimana permainan ini ada meskipun namanya berbeda-beda. Permainan ini biasanya identik dengan kaum perempuan tetapi tidak sedikit anak laki-laki juga memainkannya. Lompat tali bisa dimainkan 3 orang atau lebih, 2 anak memegang tali dengan jalan suit atau gambreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar